Pastikan Sistem Kelistrikan dan Aliran Air Berfungsi Dengan Baik, Rutan Cipinang Lakukan Pengecekan Secara Rutin -->

Translate

MON

Ekles Clinik

REKTOR

LOGO PPWI

Pastikan Sistem Kelistrikan dan Aliran Air Berfungsi Dengan Baik, Rutan Cipinang Lakukan Pengecekan Secara Rutin


Detikaktual.Com, Jakarta -  Listrik dan air merupakan dua elemen yang tak terpisahkan dalam kebutuhan sehari-hari, baik di rumah tangga, industri, maupun perkantoran. Keduanya memainkan peran yang sangat vital dalam menjaga kenyamanan dan produktivitas. Tak terkecuali di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, di mana langkah-langkah preventif terus digalakkan demi memastikan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan seluruh penghuni dengan melakukan pengecekan rutin instalasi listrik dan air di seluruh area blok hunian warga binaan, Rabu (3/7/2024).


Kegiatan pengecekan ini dilakukan secara rutin dan menyeluruh, mencakup setiap sudut dan instalasi yang ada, sehingga dapat memastikan tidak ada kerusakan atau potensi bahaya yang dapat mengancam keamanan dan kenyamanan para warga binaan.


Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi prioritas utama dalam menjaga fasilitas yang ada tetap berfungsi dengan baik dan mencegah potensi bahaya yang bisa timbul dari kelalaian. “Instalasi listrik dan Air yang baik dan terjaga adalah jantung dari berbagai aktivitas di Rutan Cipinang. Listrik tidak hanya menyediakan penerangan, tetapi juga mendukung operasional berbagai peralatan yang esensial, mulai dari sistem keamanan hingga peralatan medis,” ucapnya


Lebih lanjut, “Air juga merupakan kebutuhan vital bagi warga binaan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti mandi, mencuci pakaian dan lain-lainnya. Ketersediaan air yang mencukupi dan baik sangat menentukan dalam menjaga kebersihan, kesehatan dan kenyamanan mereka sehari-hari sehingga dapat menciptakan suasana yang aman dan tertib,” tutur Sukarno Ali


Sesuai instruksi Kepala Rutan, Kepala Seksi Pengelolaan, Kiki Aji Hidayat dan Kepala Sub Seksi Keuangan dan Perlengkapan, Muhamad Kahfi bersama Tim BMN langsung melakukan pengecekan kelistrikan dan air seperti mengecek panel-panel listrik, genset listrik, saluran air hingga pompa air. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen untuk memastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan dan aliran air berfungsi dengan baik dan aman.


Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya untuk melakukan deteksi dini terhadap pemeriksaan aliran listrik dan air. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dasar warga binaan dapat dipenuhi sehingga bisa menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas/Rutan. 


Untuk diketahui, pemeriksaan ini akan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan, dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Selain pemeriksaan oleh tim internal, Rutan Cipinang juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki sertifikasi dan kompetensi dalam bidang kelistrikan maupun pengairan.